QUISCALUSMEXICANUS –¬†Mollettes adalah salah satu hidangan sarapan yang paling disukai di Meksiko, menggabungkan kesederhanaan, rasa, dan tradisi dalam setiap gigitannya. Dengan akar yang mendalam dalam budaya Meksiko, molletes menawarkan kombinasi sempurna antara keju yang meleleh, kacang yang gurih, dan roti yang garing. Dalam artikel ini, kita akan menyelami sejarah molletes, cara membuatnya, dan variasi yang berbeda untuk menikmati sarapan lezat ini.

Sejarah dan Asal Usul Molletes

Molletes berasal dari era kolonial di Meksiko, ketika pengaruh Spanyol membawa tradisi bolillo, versi roti Prancis yang menjadi dasar utama molletes. Di Meksiko, bolillo diadaptasi menjadi bollo, yang kemudian dipanggang dan diisi dengan berbagai bahan. Konsep molletes sendiri berakar pada kebiasaan menggunakan sisa roti dari hari sebelumnya untuk menghindari pemborosan, dengan menambahkan bahan-bahan lokal seperti kacang dan keju untuk memberikan energi dan rasa.

Bahan-Bahan Molletes

Bahan-bahan dasar untuk membuat molletes sangat sederhana:

  • Bolillo, atau roti Prancis sebagai alternatif
  • Kacang hitam atau kacang pinto, yang telah direbus dan dihaluskan
  • Keju, biasanya keju Oaxaca atau keju cheddar sebagai pengganti
  • Saus salsa, baik yang dibeli dari toko atau buatan sendiri

Langkah Pembuatan Molletes

Membuat molletes adalah proses yang cepat dan mudah, menjadikannya pilihan yang sempurna untuk sarapan yang cepat namun mengenyangkan.

  1. Pemotongan dan Pemanggangan Roti: Potong bolillo menjadi dua bagian secara horizontal dan panggang sampai bagian dalamnya menjadi garing.
  2. Penyebalan Kacang: Oleskan lapisan kacang yang telah dihaluskan ke atas potongan roti yang sudah dipanggang.
  3. Penambahan Keju: Taburi keju di atas kacang yang telah dioleskan. Keju harus cukup untuk meliputi permukaan roti.
  4. Pemanggangan Lagi: Letakkan roti yang telah ditaburi keju ke dalam oven atau pemanggang sampai keju meleleh dan berwarna keemasan.

Menyajikan Molletes

Molletes biasanya disajikan panas dengan saus salsa di atasnya. Beberapa orang menambahkan irisan alpukat, tomat yang dipotong dadu, atau taburan daun ketumbar sebagai hiasan dan tambahan rasa. Saus salsa dapat bervariasi dari yang sangat ringan hingga sangat pedas, tergantung pada preferensi pribadi.

Variasi Molletes

Walaupun resep tradisional molletes sangat sederhana, banyak variasi telah berkembang, mencerminkan keanekaragaman gastronomi Meksiko:

  • Molletes dengan Chorizo: Menambahkan potongan chorizo goreng di atas molletes sebelum keju disebarkan dapat memberikan rasa asap yang kaya.
  • Molletes Vegetarian: Untuk versi vegetarian, bisa ditambahkan jamur tumis atau paprika sebagai pengganti daging.
  • Molletes Deluxe: Beberapa restoran menawarkan molletes dengan berbagai tambahan seperti daging asap, daging cincang, atau bahkan seafood.

Kesimpulan

Molletes memperkaya meja sarapan dengan kesederhanaannya yang menggugah selera. Mudah dibuat dan disesuaikan dengan selera pribadi, hidangan ini mengundang siapa saja untuk mengeksplorasi kekayaan kuliner Meksiko. Dari dapur kecil di rumah-rumah Meksiko hingga menu sarapan di restoran-restoran, molletes menawarkan cara yang hangat dan lezat untuk memulai hari.