quiscalusmexicanus.org

quiscalusmexicanus.org – Seorang wanita di Korea Selatan baru-baru ini mengalami penipuan yang menyebabkan kerugian finansial sebesar Rp 824 juta. Penipuan ini melibatkan seseorang yang mengaku sebagai Elon Musk, menggunakan kemajuan teknologi kecerdasan buatan (AI) untuk meyakinkan korban.

Kronologi Penipuan:
Pada awal Juli 2023, wanita tersebut memulai komunikasi dengan si penipu melalui platform kencan online. Penipu ini, yang mengklaim dirinya sebagai Elon Musk, menggunakan video call dan foto-foto yang menyerupai wajah asli Elon Musk, CEO dari Tesla dan SpaceX, untuk memperkuat kepercayaannya.

Modus Operandi:
Selama periode tersebut, si penipu berbicara tentang kehidupan pribadi dan profesional ‘Elon Musk’, termasuk perjalanan rutin ke pabrik Tesla di California dan kantor SpaceX di Florida menggunakan helikopter pribadi, serta kegiatan akhir pekan anak-anaknya di SpaceX. Keakuratan detail-detail ini memberi korban lebih banyak alasan untuk percaya.

Dalam salah satu sesi video call, si penipu bahkan menunjukkan sebuah kartu identitas yang disebut sebagai “KTP Mars” dengan nomor identitas 000000001, dan mengklaim bahwa tempat kelahirannya adalah Bumi. Tertipu oleh keaslian yang tampak nyata ini, korban akhirnya mentransfer total 70 juta won.

Reaksi dan Analisis:
Kasus ini menjadi viral dan mendapat perhatian luas setelah diungkap. Analisis oleh pakar menunjukkan bahwa video yang digunakan dalam penipuan ini dihasilkan melalui teknologi AI. Praktik penipuan serupa telah dilaporkan di China, menunjukkan tren mengkhawatirkan dalam kejahatan siber.

Reaksi dari netizen terhadap insiden ini bervariasi, dengan banyak yang menyuarakan keheranan mereka bahwa korban dapat tertipu oleh konsep yang jelas-jelas tidak masuk akal seperti KTP Mars. Beberapa netizen juga berbagi pengalaman mereka sendiri dengan penipuan serupa, menekankan pentingnya kewaspadaan dalam dunia digital.

Insiden ini menyoroti risiko yang berkembang dari penipuan siber yang semakin canggih dan pentingnya kesadaran publik tentang keamanan online.